Memahami workbook dan worksheet pada excel


pengertian workbook dan worksheet pada Microsoft excel

Dalam penggunaan Microsoft excel tidak terlepas dari penggunaan komponen yang dua ini, yaitu workbook dan worksheet, dimana pada keduanya saling berkaitan satu sama lain. Workbook adalah salah satu file kerja excel yang di gunakan untuk mengolah data, sedangkan worksheet adalah tempat pengolahan dan penginputan data excel itu sendiri.
Workbook dan worksheet ini bisa di ibaratkan seperti buku dimana workbook adalah keseluruhan bukunya dan worksheet adalah halaman perhalaman dalam buku tersebut.

Cara menggunakan Workbook pada excel
membuat workbook pada excel

Buka program Microsoft Excel anda
Pertama kali membuka excel itulah yang dinamakan workbook
Dan untuk membuat workbook baru silahkan tekanan CTRL + N

Cara menggunakan Worksheet pada excel
Pada dasarnya ketika kita membuat workbook baru, dalam workbook tersebut telah tersedia tiga buah worksheet yang dapat kita gunakan untuk mengolah data kerja kita. Dan worksheet itu dinamai Sheet1,Sheet2, Sheet3 dengan jumlah maximum halaman yang bisa di tambahkan sebanyak 255 halaman. Yang mana sheet-sheet tersebut nantinya bisa di edit, di hapus, di tambah, dan bisa di sembunyikan sesuai dengan keinginan kita.

Cara edit nama worksheet
Kita dapat gunakan edit nama untuk menamai halaman kerja kita, seperti diganti dengan nama pengeluaran dan yang lainnya. Edit nama bisa kita lakukan dengan cara double kilik pada nama worksheet atau dengan klik kanan pada nama worksheet kemudian pilih rename.

Cara hapus worksheet
Hapus worksheet bisa kita gunakan untuk menghapus worksheet yang sudah tidak di gunakan dengan cara klik kanan pada nama worksheet dan pilih delete.

Tambah worksheet
Tambah worksheet bisa kita gunakan ketika mempunyai banyak tabel dan data. Tambah worksheet bisa kita gunakan denga cara klik pada insert worksheet, atau bisa dengan menekan tombol shift + f11.

Menyembunyikan worksheet
Menyembunyikan worksheet bisa kita lakukan ketika kita tidak ingin banyak halaman yang terbuka. Untuk menyembunyikan worksheet bisa kita lakukan dengan cara klik kanan pada nama worksheet yang ingin di sembunyian kemudian pilih Hide.

 Dan untuk mengembalikannya klik kanan kemudian pilih unhide.

Vidio yang berkaitan dengan Excel bisa kunjungi link di bawah

0 Response to "Memahami workbook dan worksheet pada excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel