Memahami workbook dan worksheet pada excel
Rabu, 28 Februari 2018
Add Comment
pengertian workbook dan
worksheet pada Microsoft excel
Dalam penggunaan
Microsoft excel tidak terlepas dari penggunaan komponen yang dua ini, yaitu
workbook dan worksheet, dimana pada keduanya saling berkaitan satu sama lain.
Workbook adalah salah satu file kerja excel yang di gunakan untuk mengolah data, sedangkan worksheet adalah tempat pengolahan dan penginputan data excel
itu sendiri.
Workbook dan
worksheet ini bisa di ibaratkan seperti buku dimana workbook adalah keseluruhan
bukunya dan worksheet adalah halaman perhalaman dalam buku tersebut.
Cara menggunakan Workbook pada excel
membuat workbook pada excel
Buka program
Microsoft Excel anda
Pertama kali
membuka excel itulah yang dinamakan workbook
Dan untuk
membuat workbook baru silahkan tekanan CTRL + N
Cara menggunakan Worksheet pada excel
Pada dasarnya ketika kita membuat
workbook baru, dalam workbook tersebut telah tersedia tiga buah worksheet yang
dapat kita gunakan untuk mengolah data kerja kita. Dan worksheet itu dinamai
Sheet1,Sheet2, Sheet3 dengan jumlah maximum halaman yang bisa di tambahkan
sebanyak 255 halaman. Yang mana sheet-sheet tersebut nantinya bisa di edit, di
hapus, di tambah, dan bisa di sembunyikan sesuai dengan keinginan kita.
Cara edit nama worksheet
Kita dapat gunakan edit nama untuk
menamai halaman kerja kita, seperti diganti dengan nama pengeluaran dan yang
lainnya. Edit nama bisa kita lakukan dengan cara double kilik pada nama
worksheet atau dengan klik kanan pada nama worksheet kemudian pilih rename.
Cara hapus worksheet
Hapus worksheet bisa kita gunakan
untuk menghapus worksheet yang sudah tidak di gunakan dengan cara klik kanan
pada nama worksheet dan pilih delete.
Tambah worksheet
Tambah worksheet bisa kita gunakan
ketika mempunyai banyak tabel dan data. Tambah worksheet bisa kita gunakan
denga cara klik pada insert worksheet, atau bisa dengan menekan tombol shift + f11.
Menyembunyikan worksheet
Menyembunyikan worksheet bisa kita
lakukan ketika kita tidak ingin banyak halaman yang terbuka. Untuk
menyembunyikan worksheet bisa kita lakukan dengan cara klik kanan pada nama
worksheet yang ingin di sembunyian kemudian pilih Hide.
Dan untuk
mengembalikannya klik kanan kemudian pilih unhide.
Vidio yang berkaitan dengan Excel bisa kunjungi link di bawah
0 Response to "Memahami workbook dan worksheet pada excel"
Posting Komentar